Tips Untuk Mengetahui Kesehatan Mrs. V

Bookmark and Share

VAGINA yang sehat seharusnya terhindar dari berbagai penyakit. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana caranya mengetahui vagina sehat atau tidak?

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengetahui sehat atau tidaknya vagina. Salah satunya dengan memeriksakan diri pada dokter Anda. Namun, hal ini dianggap tidak terlalu perlu untuk sebagian orang.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah vagina sehat atau tidak tanpa memeriksakan ke dokter


Perhatikan cairan vagina

Cairan vagina dimiliki oleh tiap perempuan, terutama yang telah mengalami menstruasi. Bentuk cairan ada yang kental dan ada yang cair. Bila cairan itu berwarna bening, cair dan tidak beraroma, tandanya vagina Anda sehat. Namun bila cairan itu mengental, berwarna kuning, hijau dan pekat, serta beraroma tidak sedap, besar kemungkinan vagina anda mengalami infeksi.


Perhatikan saat membersihkan

Membersihkan vagina perlu menggunakan trik khusus agar kuman yang ada di bagian belakang dekat anus tidak pindah ke bagian depan. Akan lebih baik jika Anda membersihkan vagina dari depan ke belakang. Jangan melakukan berulang-ulang, karena tetap saja kuman dapat pindah tempat. Bila ingin mengulangnya, cuci tangan beberapa kali baru melakukannya sekali lagi. Hal tersebut berlaku juga saat mengeringkan menggunakan handuk.


Lakukan pemeriksaan rutin

Raba dan perhatikanlah vagina Anda. Bila terdapat benjolan pada bagian-bagian tertentu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja terjadi penyumbatan pada saluran disebabkan karena infeksi. Perhatikan dengan menggunakan cermin, kelebihan berat tubuh dapat mempengaruhi warna pada vagina, demikian juga dengan bertambahnya usia. Semakin gemuk atau semakin meningkatnya usia, warna vagina akan semakin gelap.




sumber:Krespoholic karangan Yayasan Mitra INTI.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar