Tips Rahasia Panjang Umur

Bookmark and Share

Usia seseorang adalah sebuah misteri yang tak pernah akan terpecahkan. Tidak ada yang bisa memprediksinya dengan tepat. Namun, setiap manusia memiliki peluang untuk hidup panjang umur hingga 100 tahun atau bahkan lebih.

Baru-baru ini, seorang ahli jantung dari Kanada, Dr Clyde Yancy ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan harapan hidup manusia. Cara tersebut diklaim dapat mengurangi risiko penyakit mematikan, sehingga seseorang bisa hidup lebih lama dan berkualitas. Berikut adalah tujuh perubahan kecil yang membuat Anda hidup hingga 100 tahun, seperti dilansir Telegraph.


1. Olahraga

Jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun. Orang yang lebih memilih untuk bermalas-malasan 2 kali lebih berisiko terkena masalah jantung dan stroke.

Selain baik untuk jantung, olahraga juga dapat mencegah obesitas dan komplikasi diabetes. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

2. Mengukur dan mengendalikan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak atau kerak pada dinding arteri atau vena. Plak yang terbentuk pada akhirnya bisa menghambat aliran darah, sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke, bila terjadi di sekitar otak.

Jika keluarga Anda memiliki sejarah kolesterol, Anda harus rajin melakukan tes darah untuk mengecek kadar kolesterol sesering mungkin. Tingkat optimal kolesterol jahat atau LDL tidak boleh melebihi 100 mg/dL, sedangkan untuk kolesterol baik atau HDL antara 40-60 mg/dL dan total jumlah kolesterol normal dalam tubuh antara 200-239 mg/dL.

3. Jalani diet sehat

Diet bukan berarti Anda harus membatasi asupan makanan setiap hari, melainkan mengatur pilihan makan harian. Makanan sehat tentu akan memperpanjang usia Anda, seperti sayuran dan buah segar. Mereka sangat kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

4. Ukur dan kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi kadang-kadang tidak menimbulkan gejala, sehingga silent killer karena bisa meningkatkan risiko stroke hingga 40 persen dan serangan jantung sebesar 25 persen. Selain itu, tekanan darah tinggi yang tidak diobati dapat memicu kerusakan otak dan juga mempercepat pikun. Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg.

Kurang dari angka tersebut digolongkan sebagai tekanan darah rendah atau hipotensi, sedangkan jika lebih tinggi disebut hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Menjaga berat badan ideal

Berat badan ideal untuk masing-masing orang tentu tidak sama, tergantung pada tinggi badan mereka. Dikatakan berat badan ideal, jika menghasilkan Indeks Massa Tubuh (BMI) 18,5-22,9 kg/m2. Bisa dihitung dengan rumus berikut: BMI = berat badan (kg): tinggi badan kuadrat (m2).

Seseorang dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas, jika BMInya menunjukkan 23-29 kg/m2 dan telah termasuk obesitas jika memiliki BMI di atas 30 kg/m2. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun.

6. Hindari atau mengontrol diabetes

Diabetes adalah gangguan metabolisme karbohidrat yang membuat tubuh tidak mampu mengontrol kadar gula darah. Dalam jangka panjang, gangguan ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung, memicu komplikasi pada mata dan pada pria dapat menyebabkan impotensi.

Kadar gula darah dianggap normal, jika skor Anda 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur setelah puasa atau tidak makan selama 8 jam. Kadar glukosa darah yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal, jika berkisar antara 70-145 mg/dL, sedangkan jika Anda mengabaikan jadwal makan di atas, Anda harus memiliki skor normal 70-125 mg/dL.

7. Hindari rokok

Merokok diklaim dapat memicu 90 persen kematian pada pasien dengan kanker paru-paru, 80 persen kematian pada bronkitis dan emphysema, dan 17 persen dari kematian akibat serangan jantung. Orang-orang yang berhenti merokok, dalam sekejap akan memiliki penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

Inilah tujuh hal yang menjadi rahasia panjang umur hingga 100 tahun. Lebih baik mencegah daripada mengobati! Ingatlah, kesehatan adalah hal terpenting yang sering disepelekan manusia dalam hidup.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar