Mengenal Temperamen Bayi

Bookmark and Share

Memang tidak mudah memasukan bayi kedalam kategori temperamen yang  ada. Ada beberapa bayi yang tidak menunjukkan kecendrungan kesalah satu temperamen tersebut, namun gabungan beberapa temperamen. Andalah yang selayaknya peka menganalisa. Hasil analisa itu bahkan bisa merupakan cerminan anda berdua. Mengapa sikecil mudah sekali rewel ? apakah sebagai ayah atau ibu, anda juga mudah sekali terpancing emosi? Bukahkah buah hati tidak jauh dari induknya ? namun perlu diperhatikan apakah kerewelan anak karena temperamennya atau ia terganggu karena situasi dan kondisi yang tidak menyenangkan ? ( udara terlalu yang kurang sehat ).

Jika kerewelan atau amukan si kecil terlalu sering, mungkin anda perlu memeriksakannya pada ahli. Siapa tahu ia mengalami suatu gangguan serius pada kesehatannya. Jika dokter menemukan hal-hal yang serius pada kesehatannya, sudah saatnya anda menerima hal itu sebagai bagian dari bayi anda.

Kesabaran memang diperlukan untuk menghadapi bayi-bayi bertemperamen tertentu. Bayi yang terlalu sensitif, terlalu diam atau bahkan terlalu kerap membuat orangtua lelah. Cobalah menahan emosi, jangan mudah terpancing !. sering –sering lah mengajak sikecil berbicara dengan menyentuhnya lembut. Gendonglah dengan cara yang santai. Ingat, bayi pun peka terhadap emosi kedua orang tuanya.orang tua seharusnya kompak dan selaras bekerja sama menghadapi bayi-bayi yang dianggap sulit. Walau umumnya temperamen bayi tidak mudah diubah, paling tidak kesabaran anda menghadapinya dapat mengurangi presentase temperamen sulit sikecil.perlu diingat kategori tipe bayi ini tidak dimaksid untuk memberi label pada bayi, melainkan mencari jalan memahami dan mengatasi kesulitannya.
Berikut ini jenis temperamen dan kiat menghadapinya

Si pendiam
Bayi masuk kategori pendiam jika ia tidak terlalu banyak tingkah dan sangat kalem. Ia juga tidak sulit disuapi dan dimandikan. Jika menangis , bayi –bayi pendiam denganmudah ditenangkan. Punya bayi temperamen ini menyenangkan namun umumnya bayi pendiam ini bisanya lebih lambat mencapai tahap-tahap perkembangannya dibanding bayi temperamen lain.sabrlah menghadapinya cobalah sering-sering memberikan stimulasi berupa nyanyian, cerita atau mainan yang merangsang gerak motoriknya.

Si aktif 
Bayi-bayi kategori ini setiap hari sangat aktif sejak bangun hingga menjelang tidur. Mereka hanya perlu tidur sedikit untuk memperbaiki tingkat energinya lalu kembali dengan segala aktivitasnya. Ia akan memainkan semua hal yang menarik perhatian dan menjadi rewel bila merasa bosan. Bayi jenis ini biasanya punya kematangan fisik diatas rata-rata bayi seusianya. Karena sulit dilarang melakukan kegiatan, cobalah membuat lingkungan yang aman untuk dijelajahi siaktif ini.

Si tergantungan
Sikecil sangat tergantung pada kehadiran orang lain. Ia protes jika anda letakan ia sendiri di dalam boksnya. Semua aktifitasnya dilakukan dengan mudah jika ada orang lain di dekatnya. Misalnya makan atau tidur, sepanjang anda menemani, tidak  akan ada masalah. Namun begitu tidak melihat anda, ia protes sejadi-jadinya. Cobalah membuat bayi temperamen ini mandiri dan mampu berpisah dari anda. Awalnya ia pasti protes, namun dengan mudah menyesuaikan diri dengan orang yang menggantikan posisi anda dalam merawatnya.
Si riang gembira
Si riang gembira mudah dibedakan dari bayi lain karena ekspresinya yang selalu tersenyum dan tertawa. Jika melihat orang lain bayi ini biasanya menggerakkan tangan dan kakinya, seolah-olah hendak menyapa. Bayi ini umumnya berkembang menjadi anak yang mudah bergaul dan disenangi teman-temannya. Untuk mengimbangi, cobalah memperkenalkan kegiatan yang lebih tenang. Misalnya membiarkannya mendengar musik sendiri sehingga ia pun terbiasa sendiri.

Si aku tahu yang kumau
Bayi-bayi ini biasanyatahu benar apa yang diinginkan bahkan sejak ia dilahirkan. Jika ia sedang tidak ingin tidur, anda pun kesulitan menidurkannya. Begitu pula dengan aktifitas lain yang tidak dinginkannya. Jika dipaksa, sikecil memprotes tindakan anda hingga berjam-jam tanpa lelah. Untungnya anak-anak biasanya berubah menjadi anak yang lebih mudah ketika ia sudah bisa diajak berkomunikasi dan bernegosiasi. Ketika masih bayi yang dapat anda lakukan adalah mengenali kebutuhan dan memberikan rutinitas yang sama setiap hari. Kegiatan yang terprediksi dari waktu ke waktu sangat dibutuhkan untuk mengimbangi kebutuhannya ini.

Demikian cara mengenali temperamen dan kiat menghadapinya semoga bermanfaat bagi anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar