Mengapa Tubuh Kita Mudah Lelah?

Bookmark and Share
Apakah anda pernah mengalami sebuah keadaan dimana tubuh anda merasa sangat lelah padahal tidak terlalu banyak aktivitas yang sudah anda lakukan. Jika iya, kenapa ya? Berikut adalah beberapa alasan mengapa tubuh anda mudah sekali lelah.

1. Tidak cukup tidur
Umumnya orang dewasa minimal harus tidur selama tujuh sampai delapan jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi akan berakibat pada aktivitas anda di siang hari yaitu mudah lelah dan tidak bergairah. Coba hitung berapa jam anda tidur selama sehari?

2. Gangguan Tidur
Anda merasa bahwa jam tidur anda cukup namun tetap saja di siang hari sering ngantuk dan tidak bergairah. Ini mungkin bisa diakibatkan oleh gangguan tidur pada malam hari yang tidak anda sadari. Gangguan ini ditandai dengan kesulitas napas dan terjadi berulang-ulang. Anda mungkin saja tidak menyadari hal ini. Gangguan tidur ini disebut juga dengan Sleep apnea, akibatnya, pasokan oksigen akan berulang kali terhenti sepanjang malam.

3. Dehidrasi
Tubuh mudah lelah mungkin saja diakibatkan oleh dehidrasi. Walaupun anda bekerja di atas meja atau didepan komputer tetap saja bisa terjadi dehidrasi, oleh karena itu minumlah air yang cukup. Karena tubuh tetap membutuhkan air walaupun anda bekerja cenderung diam.

4. Kurangnya asupan Oksigen
Kurangnya asupan oksigen ke dalam otak sangat menjadi pemicu anda mudah merasa lelah. Penyebabnya bisa jadi nafas yang tidak teratur. Solusinya adalah tetaplah jaga ritme pernapasan anda agar oksigen bisa masuk ke dalam otak. Solusinya, istirahatlah sejenak disela-sela pekerjaan, tenangkan pikiran dan ambil nafas dalam-dalam supaya asupan oksigen ke otak bisa lancar.

5. Depresi
Tekanan hidup yang begitu kencang bisa mengganggu setiap aktivitas anda dan bisa memicu tubuh mudah sekali lelah. Solusinya adalah nikmatilah hidup, jangan pernah menyesali masa lalu serta mensyukuri apa yang anda lakukan saat ini.

6. Konsumsi Kafein Berlebihan
Konsumsi kafein yang terlalu banyak bisa memicu beberapa masalah-masalah tubuh dan dapat memicu meningkatnya denyut jantung, tekanan darah, dan kejang-kejang. Kafein berlebihan juga dapat meningkatkan kelenjar adrenalin dan pada akhirnya menimbulkan rasa lelah dan gelisah.

7. Kondisi tubuh
Aktivitas yang buruk seperti sering duduk dan membungkuk sepanjang hari dapat memicu anda merasa mudah lelah. Ini terjadi karena dapat mengurangi mobilitas dalam sendi dan otot serta menguras energi Anda. Ketika menjalani rutinitas anda khusunya yang bekerja di depan komputer atau sering duduk, sering-seringlah melakukan peregangan otot dan berdiri sejenak sambil menarik nafas untuk melancarkan asupan oksigen ke dalam tubuh.

Demikian beberapa alasan mengapa Tubuh Kita Mudah Lelah? Bagaimana dengan aktivitas anda?

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar