Cara mengatasi sembelit pada anak

Bookmark and Share

Cara mengatasi sembelit pada anak melalui bentuk perawatan terhadap anak agar masalah sembelit dapat teratasi, cara mengatasi sembelit pada anak sebaiknya cepat anda lakukan agar anak merasa nyaman kembali sehingga tidak mengakibatkan rewel. Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah yang biasa atau kerap kali dijumpai terutama pada anak. Seorang anak bisa dikatakan mengalami sembelit atau susah buang air besar jika sedikitnya anak tersebut melakukan buang air besar 3 kali dalam seminggu. Pada saat melakukan BAB biasanya juga kotoran yang dikeluarkan agak keras dan besar. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka dikhawatirkan akan muncul berbagai macam keluhan terhadap kesehatan bagi anak itu sendiri.

Penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat merupakan cara mengatasi sembelit yang baik bagi anak, namun terkadang kurang mengontrolnya orang tua terhadap anak terhadap bentuk makanan yang dikonsumsi tentunya menjadikan permasalahan tersendiri bagi anak mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Sembelit itu sendiri dapat disebabkan karena pola makanan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kurang serat bhkan mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki sedikit kandungan air. Padahal air dan serat memiliki fungsi membentuk kotoran yang akan dibuang didalam usus. Kebiasaan anak mengkonsumsi jenis makanan kering ataupun jajanan seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan sembelit pada anak. Sembelit juga bisa terjadi pada bayi yang masih menyusui, dimana kondisi konsumsi makanan si ibu yang menyusui jika tidak terlalu memperhatikan jenis makanan juga dapat mempengaruhi produksi ASI yang kurang baik sehingga mengakibatkan sembelit pada bayi. Selain itu bagi bayi yang sudah mendapatkan asupan makanan tambahan seperti bubur bayi misalnya, mereka dapat pula mengalami sembelit jika pada saat membuat bubur bayi tersebut terlalu kental.

Disamping hal yang telah disebutkan tadi yang dapat menyebabkan sembelit ternyata masih ada lagi faktor dari luar yang menjadi pemicu munculnya sembelit pada anak. Untuk mengatasi sembelit pada anak sebaiknya anda memperhatikan beberapa cara mengatasi sembelit pada anak berikut ini;

Berikanlah anak untuk minum lebih banyak lagi, dengan memberikan lebih banyak cairan yang masuk tentunya proses terbentuknya kotoran menjadi lebih mudah sehingga lebih mudah pula untuk dibuang. Bagi bayi yang masih menyusui sebaiknya berikanlah buah pepaya yang sudah masak benar untuk membantu proses pembuangan kotoran dalam usus. Selain memberikan mereka cairan yang lebih banyak dari biasanya, namun perlu diperhatikan pula terhadapkondisi perut bayi tersebut. Jika mengalami kembung sebaiknya anda lebih waspada lagi dikhawatirkan terdapat gejala lain selain sembelit. Periksakan ke dokter anak atau melalui bidan jika terdapat kejadian ini.

Berikanlah konsumsi makanan yang tinggi serat tentunya cara mengatasi sembelit pada anak, coba mengenalkan terhadap jenis makanan tinggi serat ini setiap hari dan jangan dipaksakan. Cukup perkenalkan terlebih dahulu dan untuk beberapa hari kedepan si anak pun akan paham akan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. 

Biarkanlah anak bergerak lebih aktif lagi, dimana pada anak yang melakukan cukup banyak gerak tentunya membantu proses pembentukan kotoran dalam usus lebih cepat dan lancar. Selain itu anda dapat melatih anak untuk melakukan olahraga rutin.

Biasakan menerapkan waktu makan yang rutin, menjadwalkan waktu makan secara rutin tentunya membantu kerja usus secara berkala. Sediakan pula makanan yang tinggi serat dan menyediakan pula pencuci mulut yang dapat membantu proses pengolahan bahan makanan yang dikonsumsi menjadi lebih cepat lagi tercerna oleh tubuh.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar