Cara mencegah anak ngompol

Bookmark and Share

Anda mempunyai masalah pada buah hati anda yang masih suka mengompol. Berikut ini adalah tips agar anak atau buah hati  anda tidak mengompol lagi pada saat tidur atau pada saat bermain. Sebenarnya bila anak anda suka mengompol tidak jauh dari sifat keturunan pada keluarga anda, Tapi ada juga penyebab lain. Untuk mencegah agar anak tidak ngompol lagi anda harus bekerja keras untuk mengingatkan buah hati anda untuk  selalu pipis di toilet atau kamar kecil.

Ajarkan lah sejak dini untuk anak anda buang air kecil jangan biasakan anak anda memakai diapes. Karena dengan dibiasakn anak anda memakai diapers akan membuat anak anda malas berkata mau pipis. Dengan biasanya anak anda memakai diapes dia akan makin cuek bila ia pipis dicelana karena dia sudah terbiasa pipis memakai diapes dan tidak pipis di toilet.

Sebenarnya mudah agar anak anda tidak mengompol lagi tergantung pada orang tuanya. Bila orang tuanya malas untuk mengingatkan anak untuk pipis ditoilet dan anda selalu membiasakan buah hati anda memakai diapes akan sulit bagi anda untuk menghentikannya agar tidak ngompol lagi. Ajarkan atau biasakan buah hati anda sejak umur 2 tahun untuk buang air kecil kekamar kecil atau toilet bila anak anda dibiasakan untuk pipis ketoilet pasti anak anda akan terbiasa.

Faktor atau penyebab anak anda masih mengompol bukan saja dibiasakan pake diapes tetapi juga kadang kalau buah hati anda suka minum susu bisa jadi ia ngompol pada saat dia tidur pada malam hari atau siang hari. Mengajarkan anak biar tidak mengompol memang tidak mudah. Bila buah hati anda suka minum susu anda bisa melihat waktunya pada jam berapa buah hati anda minum susu dan pada saat itu buah hati anda suruh buang air kecil dulu. Atau bila setiap mau tidur anak anda harus buang air kecil dulu, dan bila ia tidur malam bangunkan untuk pipis dulu. Bila anda secara rutin mengajarkan dan membiasakan hal ini pastinya buah hati anda akan terbiasa. 

Bila buah hati anda sudah umur 4 atau 5 tahun masih ngompol beri mereka peringatan bila masih mengompol tidak boleh tidur dikamar dan tidak boleh minum susu. Biasanya bila anak diberi peringatan akan mengerti dan ia akan ingat harus buang air kecil dulu biar nantinya tidak mengompol pada saat tidur.
Ada juga bila anak anda sudah memasuki usia sekolah dasar tapi masih mengompol biasanya itu faktor keturunan dari orang tuanya. Mungkin dari salah satu orang tuanya waktu kecil masih sering ngompol dan biasanya juga akan berhenti dengan sendirinya bila sudah bawaan susah dihentikan. Nantinya anak anda akan malu sendiri bila ia sudah besar masih ngompol.

Dan ada juga bila anak anda aktif dan waktu siangnya terlalu capai atau main lari-larian bisa jadi pada saat tidur malam mereka bisa ngompol. Tapi itu semua bisa dicegah asalkan anda memberikan peringatan pada buah hati anda. Dan bila cuaca dingin ingatkan pada buah hati anda untuk bangun atau anda bangunkan untuk buang air kecil dahulu agar tidak mengompol pada saat tidur. 

Tanamkan lah disiplin pada anak sejak dini bila anda menanamkan disiplin pada anak akan berbuah manis nantinya. Ajarkan anak melakukan sesuatu dengan baik sejak dini agar anak nantinya terbisa melakukan kebaikan demikian tips agar buah hati anda tidak mengompol lagi semoga bermanfaat untuk anda semua.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar