Ukuran Lapangan Futsal

Bookmark and Share




Lapangan Futsal – Jika ditanya olahraga apa yg paling banyak populer seantero bumi? Tentunya sepak bola menjadi jawabannya. Mulai dari anak-anak hingga dewasa sangat mengandrungi olah raga ini, namun dalam beberapa tahun terakhir olahraga sepak bola dgn versi mini alias futsal ini tak kalah populer dibanding kakaknya.

Futsal, sebenarnya tak jauh berbeda dgn sepak bola, namun dgn versi lapangan yg lebih kecil dan pemain yg lebih sedikit menjadikan olah raga futsal cepat berkembang dan populer di Indonesia.

Tuk ukuran lapangan futsal standar sendiri memiliki ukuran yg lebih kecil dibanding dgn sepak bola, berikut ini beberapa aturan ukuran dan strandarisasi lapangan futsal

Ukuran lapangan futsal standar :
P : 25 – 42 m.
L : 15 – 25 m.

Ukuran lapangan futsal internasional:
P : 38 – 42 m.
L : 18 – 25 m.

Beberapa Tanda Lapangan Futsal :
Tuk Lapangan futsal  ditandai dgn garis pembatas lapangan. Garis yg berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yg lebih pendek adalah garis gawang (goal line).

Tuk ukuran Lebar garis pembatas lapangan futsal 8 cm.
Lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian yg sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
Titik tengah ditandai dgn titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dgn titik pusat di titik tengah tersebut dgn jari-jari lingkaran 3 m.

Ukuran Gawang
Gawang harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.

Untuk Area Penalti
Daerah di depan gawang yg ditandai dgn garis setengah lingkaran dikenal daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah: dengan dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dgn titik pusat setiap tiang gawang.



Info Terakait:


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar