Tips Penataan Interior Rumah Minimalis

Bookmark and Share


Hingga kini rumah bercorak modern minimalis masih digemari masyarakat. Rumah seperti ini menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan rumah yang simpel namun fungsinya bisa maksimal.

Selain itu, rumah minimalis juga menjadi solusi atas terbatasnya lahan, utamanya di kota-kota besar. Dengan corak rumah seperti ini, maka fungsi ruang bisa dimaksimalkan.

Namun rumah berciri modern minimalis membutuhkan sentuhan dan penataan yang berbeda, terutama dalam hal perencanaan dan penataan interiornya. Ini penting agar kesan lapang masih tetap bisa dirasakan meskipun luas ruangan terbatas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata interior rumah minimalis, yaitu

1.
Hindari menggunakan sekat ruangan yang permanen. Penggunaan sekat untuk memisahkan ruangan hanya akan menimbulkan kesan sempit. Jika memang terpaksa harus menggunakan sekat, pilihlah yang sifatnya temporer atau aksesori saja. Fungsinya hanya memisahkan antar ruangan dan bukan membatasi.

2.
Prinsip desain minimalis adalah sempurna, pas, dan tidak berlebihan. Karena itu, pilihlah bentuk aksesori ruangan yang bersih, tegas, tanpa profil, dan bentuk geometris yang minimal.

3.
Jika menyukai karpet, pilihlah yang warnanya solid namun tanpa motif. Corak seperti ini akan membuat ruangan terkesan lapang.

4.
Bagi yang ingin mempercantik ruangan dengan menambah aksesori berupa lukisan, pilihlah yang komposisi dan frame-nya simpel tanpa ukiran atau profil. Jangan terlalu banyak memasang lukisan karena akan membuat ruangan terasa sempit.

5.
Pilihan furnitur juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih furnitur yang simpel tanpa profil dan ukiran dengan warna-warna gelap, seperti cokelat gelap.

6.
Pada ruang keluarga gunakan permainan warna cokelat atau serat-serat kayu. Model furniturnya juga yang simpel tanpa profil atau ukiran.

7.
Untuk kamar tidur, pilihkaan warna cerah untuk dinding. Jika ingin menggunakan aksen, pakai aksen yang biasanya ada di belakang headboard ranjang. Sedangkan jika menggunakan wallpaper, pilihlah model anyam-anyaman bambu atau dedaunan. Pilih tempat tidur yang modelnya simple dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada. Jangan pasang tempat tidur terlalu besar karena akan membuat ruang gerak terbatas.

Penataan interior rumah minimalis memang perlu dilakukan secara cermat. Sebab keterbatasan luas ruang yang ada akan membawa kesan sempit.


nilagallery.wordpress.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar